Sejuta Manfaat Daun Sirih yang Perlu Anda Tahu

Manfaat daun sirih ternyata tak hanya untuk menginang atau menguatkan gigi. Tanaman obat ini termasuk yang sudah sangat lama dikenal sebagai herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Daun sirih (Piper betle Linn) termasuk dalam keluarga Piperaceae yang dikenal sebagai tanaman merambat yang memiliki banyak khasiat. Orang tempo doeloe telah memanfaatkan daun berwarna hijau agak tebal ini untuk menangka berbagai macam penyakit.

Berbagai hasil riset telah menemukan banyaknya unsure dan kandungan kimia dalam daun sirih yang sangat berguna untuk kecantikan tubuh dan kesehatan manusia. Beberapa kandungan kimia utama dalam daun sirih yang cukup menonjol diantaranya seskuiterpen, kavikol, diatase, betIephenol atau minyak terbang, pati, zat gula, dan zat samak.

Zat-zat kimia tersebut diketahui bersifat anti oksida, anti fungisida, anti kuman, maupun anti jamur. Karena itulah daun sirih banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka kulit, mengatasi gangguan pada saluran pencernaan, mengatasi perdarahan, ataupun mengatasi masalah bau badan.

manfaat daun sirih

Sifat daun sirih yang mampu mengerutkan maupun mengencerkan dan meluruhkan dahak membuatnya sangat baik guna pengobatan penyakit batuk. Begitu juga bahan aktif fenol dan kavikol dalam daun sirih berfungsi sebagai pestisida nabati sehingga sangat bermanfaat untuk digunakan dalam mengendalikan dan mengatasi hama penghisap maupun untuk obat mimisan atau hidung berdarah.

Lihat juga tentang manfaat kulit manggis

Manfaat daun sirih lainnya diantaranya untuk mengobati penyakit jantung, mengatasi penyakit bronchitis, menyembuhkan gatal alergi dan biduran, mengatasi penyakit siphilis, mengatasi diare, mengatasi keputihan, mengobati gusi berdarah, serta menyembuhkan sakit gigi berlubang.

Cara Mengambil Manfaat Daun Sirih


Setelah mengetahui begitu besarnya manfaat daun siri, lantas bagaimana cara menggunakannya? Ternyata juga cukup mudah, dan berikut ini langkah dalam memanfaatkan khasiat herbal ini.

  1. Ambil 5 lembar atau sesuai kebutuhan daun sirih yang berwarna hijau tebal dan segar, lalu cuci sampai bersih.

  2. Masukkan 2 hingga 3 gelas air ke dalam panci dan masukkan daun sirih ke dalamnya. Masak hingga air tinggal separonya.

  3. Saring dan gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mengatasi beragam penyakit.


Penggunaan air rebusan daun sirih bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Diantaranya bisa untuk berkumur dalam mengatasi gusi berdarah, gigi berlubang, maupun sakit sariawan. Anda juga bisa menggunakan air daun sirih itu untuk merendam mata guna mengatasi mata merah. Anda juga perlu membaca tentang manfaat minyak zaitun.

Air rebusan ini daun sirih ini juga bisa untuk air mandi ataupun merendam kaki untuk mengatasi dan mengobati gatal maupun jamur kulit. Anda juga menggunakannya dengan cara mencebokkannya guna perawatan vagina maupun untuk membersihkan dari bakteri.

Demikianlah sedikit informasi tentang kegunaan dan khasiat daun sirih yang bisa anda manfaatkan sebagai perlindungan alami untuk menjaga kesehatan keluarga. Manfaat daun sirih yang mampu mengatasi berbagai penyakit dan mudah dalam pembuatannya itu semoga berguna untuk anda.

0 Response to "Sejuta Manfaat Daun Sirih yang Perlu Anda Tahu"