Penyebab dan Cara Mengatasi serta Perawatan Rambut Rontok

Bagaimana sih cara mengatasi rambut rontok dan adakah tips perawatan rambut rontok secara alami? Persoalan semacam ini seringkali kita alami ataupun kita dengar dari saudara, teman, ataupun orang-orang di sekitar kita. Persoalan rambut rontok tak jarang menyebabkan kita khawatir karena bisa saja berhubungan dengan penyakit yang mungkin tidak kita sadari tengah menyerang tubuh kita.

cara mengatasi rambut rontok

Rambut adalah lambang kecantikan bagi wanita begitu juga bagi pria dapat menambah gaya dan penampilannya. Karena itulah rambut yang lebat, subur, dan sehat tentunya merupakan dambaan setiap orang. Sayangnya, banyak diantara kita yang menyepelakan soal perawatan rambut. Kesalahan dalam memilih shampoo maupun cara merawat rambut tentu saja dapat berakibat fatal, termasuk hingga terjadinya kasus kerontokan.

Kenali Sejumlah Penyebab Rambut Rontok


Kerontokan yang terjadi pada rambut sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini sejumlah faktor penyebab rambut rontok yang sebaiknya anda tahu.

  1. Paparan sinar ultraviolet dari matahari merupakan salah satu faktor yang umumnya kurang diperhatikan. Padahal, jika rambut terkena secara langsung pancaran sinar matahari dalam waktu yang lama dapat menyebabkan rambut kering dan rusak.

  2. Pemakaian bahan kimia yang terkandung dalam berbagai bahan perawatan rambut juga bisa menyebabkan kulit kepala kering sehingga rambut mudah rontok.

  3. Gaya masa kini dengan mewarnai rambut dengna berbagai bahan pewarna juga bisa menjadi faktor penyebab rambut rontok karena rapuh dan menjadi kurang nutrisi. Mungkin info tentang cara menghaluskan rambut alami perlu anda ketahui.

  4. Penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut juga seringkali dituding sebagai penyebabkan kerontokan rambut yang sebaiknya segera dihindari.

  5. Cara berkeramas yang tidak tepat atau terlalu sering juga malah dapat menyebabkan rambut rusak dan rontok.

  6. Kerontokan rambut juga bisa terjadi karena terjadinya perubahan hormon dalam tubuh yang tidak normal, karena suatu penyakit tertentu, maupun pengaruh dari pemakaian obat tertentu.


Cara Mengatasi Rambut Rontok Sebelum Parah


Jika anda mengalami rambut rontok, segeralah lakukan evaluasi terhadap kondisi tubuh anda maupun lakukan perubahan terhadap cara perawatan rambut yang selama ini anda lakukan. Saat beberapa lembar rambut jatuh ke pundak atau terbawa saat disisir, anda perlu segera melakukan tindakan dengan memberikan perhatian yang lebih besar dalam perawatan rambut anda.

Di bawah ini beberapa hal yang sebaiknya ada perhatikan untuk mencegah maupun cara mengatasi rambut rontok.

  1. Biasakan mengeringkan rambut usai keramas dengan cara alami. Hindari penggunaan hair dryer ataupun menyisir rambut saat masih basah.

  2. Dalam melakukan keramas rambut sebaiknya hindari penggunaan shampoo yang mengandung bahan kimia. Sebaliknya pilihlah shampoo herbal atau berbahan alami yang banyak dijual di pasaran.

  3. Berikan pelindung rambut kepala, seperti topi atau jilbab terutama saat anda melakukan aktivitas di luar ruangan yang berisiko terhadap paparan sinar matahari. Termasuk dengan mengambil manfaat minyak zaitun untuk rambut.


Langkah Mudah Perawatan Rambut Rontok Secara Alami


Setelah anda mengetahui berbagai fator penyebab maupun langkah yang mesti dilakukan dalam mencegah maupun cara mengatasi rambut rontok, kini saatnya anda perlu melakukan langkah perawatannya agar rambut cepat panjang secara alami.

Untuk perawatan rambut rontok, berikut ini sejumlah hal yang sebaiknya anda lakukan.

  • Dalam perawatan rambut, sebaiknya gunakan shampo yang berfungsi ganda, baik untuk perawatan kesuburan rambut maupun perlindungannya. Salah satu herbal yang banyak direkomendasikan adalah Shampoo dan Hair Tonic Nisim. Apalagi shampoo ini memiliki keunggulan dalam menetralisir hormon DHT yang disinyalir sebagai penyebab utamanya terjadinya kerontokan rambut.

  • Lakukan perawatan rambut secara rutin dan disiplin. Untuk rambut jenis kering anda cukup melakukannya dua kali sehari, sedangkan untuk jenis rambut berminyak sebaiknya perawatan dilakukan setiap hari.


Demikian sedikit informasi tentang penyebab dan cara mengatasi rambut rontok maupun tips perawatan rambut rontok yang semoga berguna untuk anda.

4 Responses to "Penyebab dan Cara Mengatasi serta Perawatan Rambut Rontok"

  1. Bagaimana dengan cara mengatasi rambut rontok memakai produk seperti shampoo dan hair tonic?

    BalasHapus
  2. bisa juga penggunaan tonic maupun shampo adalah cara modern dan praktis dalam mengatasi masalah rambut, pastikanlan produk shampo/tonic anda sudah bersertifikasi BPOM

    BalasHapus
  3. Kalo untuk melebatkan lagi pake apa bagusnya atau ada cara yang manjur?

    BalasHapus
  4. beritanya bermanfaat sekali. Bisa membuat bertambah pengetahuan saya, izin share di twitter saya ya

    BalasHapus