Sehat dan Cantik dengan Manfaat Kulit Manggis

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan ternyata jauh lebih besar ketimbang buahnya. Kulit manggis bagian dalamnya atau yang bersentuhan dengan daging buahnya memiliki beragam kaungan kimia yang sangat berguna untuk tubuh manusia. Bagi tanaman sendiri, kandungan kimia ini berfungsi untuk melindungi daging buah dari berbagai serangan jamur, virus, maupun bakteri.

Manggis atau garcinia mangostana L oleh orang Eropa dinamakan queen fruit alias ratunya buah. Selain rasanya yang manis, daging buah manggis juga kaya serat yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan, untuk membantu program diet, serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Daging buah manggis berwarna putih dengan biji buah yang agak besar dan dilindungi kulit buah yang juga tebal dan keras. Bentuk kulit buah seperti ini selain untuk melindungi daging buahnya juga mengandung banyak unsure kimia untuk melindunginya dari pengaruh dan serangan vrus dan enyakit tanaman. Kandungan kimia pada kulit buah manggis ternyata juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit maupun menjaga kesehatan manusia.

Nutrisi Dalam Manfaat Kulit Manggis

Manfaat kulit manggis terutama dari kandungan utamanya yaitu jenis polifeol. Unsur ini antara lain meliputi xanthones dan tannin yang bersifat astringent, anti bakteri, anti virus, dan anti jamur. Struktur kimia xanthone mirip dengan bioflavanoids yang hanya sedikit terdapat pada tanaman lainnya.

manfaat kulit manggis

Hanya ada sekitar 200 jenis xhantones alami yang dikenal hingga kini dan 40 jenis diantaranya ada dalam kulit buah manggis. Xanthone maupun turunannya memiliki sifat anti alergi dan anti inflamasi yang berguna untuk mengobati beragam jenis penyakit. Baca juga manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

Xanthone dalam kulit buah manggis juga berfungsi sebagai anti proliferasi danapoptosis dan anti kanker yang sangat efektif dalam menangkal dan mengatasi sel-sel kanker. Dengan kandungan ini pula manfaat kulit manggis sering diterapkan untuk mengobati gangguan jantung koroner dan penyakit stroke. Selain itu, khasiat kulit buah manggis juga dapat untuk mengatasi disentri, menurunkan demam, mengatasi penyakit diare, mengobati sariawan, serta menyembuhkan penyakit saluran kencing.

Kulit buah manggis juga mengandung anti oksidan yang berguna untuk melancarkan proses regerenasi kulit, mengatasi bermacam gangguan kulit, maupun mencegah penuaan dini. Untuk penggunaannya dalam menjaga kecantikan kulit dan wajah, anda perlu mengambil bagian dalam dari kulit buah manggis untuk dijadikan sebagai lulur atau masker wajah dan kulit. Inilah manfaat kulit manggis untuk meningkatkan kecantikan maupun mengatasi berbagai penyakit.