Manfaat Makanan Sehat untuk Kebugaran dan Kecantikan

Mengenal manfaat makanan sehat sangatlah penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Pengertian konsep ini sebenarnya cukup luas, baik dari cara memperolehnya , proses pengolahannya, hingga bagaimana cara penyajikannya. Makanan yang sehat haruslah segar, fresh, bebas dari bakteri, tidak busuk, dan juga tidak terkontaminasi bahan terlebih saat proses pemupukan.

Pun begitu dalam proses pengolahannya di dunia industry, makanan yang sehat tidak rusak nilai gizinya akibat tekanan suhu tinggi. Dari berberbagai hasil penelitian diperoleh informasi bahwa tak ada proses pengolahan makanan yang tidak merusak atau mengurangi kandungan nutrisinya. Karena itulah cara makan sehat terbaik adalah dengan mengkonsumsinya dalam bentuk segar, terlebih lagi untuk jenis sayuran dan buah-buahan.

Apa Saja Fungsi Makanan Sehat?


Manfaat makanan sehat sangat dibutuhkan terutama saat lingkungan telah berubah makin polutif. Air bersih yang makin sulit diperoleh, udara yang makin pekat dengan asap kendaraan dan pabrik, dan berbagai ragam polutan yang selalu mengepung kita. Kondisi lingkungan yang tak sehat akan makin tinggi ditemukan di kawasan perkotaan yang makin padat.

makanan sehat

Dengan kondisi lingkungan yang makin buruk inilah tubuh yang bugar dan sehat sahat dibutuhkan untuk menangkal berbagai toksik dan berbagai zat-zat berbahaya yang senantiasa mengancam untuk masuk ke dalam tubuh dengan berbagai jalan dan cara. Baik melalui jalan pernafasan, makanan yang dikonsumsi., hingga paparan radiasi sinar matahari.

Melalui system imunitas yang ada dalam tubuh, berbagai toksik yang masuk pun akan ditolak dan disingkirkan. Namun kekebalan tubuh akan meningkat jika mendapat asupan makanan sehat yang proporsional secara kontinyu. Nutrisi dari makanan itulah yang akan membuat system pertahanan alami dan menangkal berbagai jensi penyakit.

Cara Mengoptimalkan Makanan Sehat


Manfaat makanan sehat terutama pola gizi seimbang merupakan cara efektif untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Di bawah ini sejumlah cara mudah mengoptimalkan asupan makanan yang sebaiknya anda tahu.

  1. Mengenal kondisi dan kebutuhan tubuh merupakan cara terbaik untuk mendapatkan asupan makanan sehat secara propirsional. Kondisi setiap orang tentulah berlainan, baik karena pekerjaan, usia, maupun lingkungannya. Karena itu kebutuhan nutrisi setiap orang juga berbeda-beda. OLahragawan maupun orang yang lebih banyak bekerja secara fisik membutuhkan gizi yang jauh lebih banyak dari pada karyawan kantoran yang lebih seiring duduk di belakang meja.

  2. Selalu konsumsi makanan sehat dalam kondisi yang segar dan bebas bahan kimia. Makan buah dan sayuran dalam bentuk segar yang lebih banyak dan lebih sering akan memberikan manfaat yang lebih optimal ketimbang makanan yang dimasak.

  3. Jauhi makan makanan instan, makanan buatan pabrik dalam bentuk kaleng karena umumnya menggunakan bahan pengawet atau bahan tambahan yang justru dapat merusak system imunitas tubuh.

  4. Agar penyerapan nutrisi dalam makanan sehat yang anda konsumsi lebih optimal, lakukan olah raga atau gerakan fisik secara rutin setiap hari. Jalan pagi, jogging, lari-lari kecil, maupun senam di rumah amat besar manfaatnya untuk meningkatkan ketahanan tubuh serta memudahkan daya serap tubuh terhadap nutrisi dan gizi makanan sehingga manfaat makanan sehat yang dikonsumsi akan lebih optimal.