Manfaat Daun Sirsak yang Ampuh Atasi Kanker

Akhir-akhir ini banyak orang ingin mengambil manfaat daun sirsak yang ternyata sangat ampuh sebagai obat herbal. Meningkatnya popularitas daun sirsak terutama karena kemampuannya dalammenangkal dan menyembuhkan berbagai jenis kanker, penyakit penyebab kematian utama di dunia. Kehebatan dan kedahsyatan daun herbal ini mungkin dapat disetarakan dengan kunir putih yang juga dahsyat dalam menangkal kanker.

Kehebatan daun sirsak dalam mengobati kanker kabarnya 10.000 kali lebih hebat dibandingkan dengan menggunakan metode kemoterapi. Tak sedikit peelitian yang telah mengabarkan tentang keampuhan daun ini sebagai herbal yang mampu menyembuhkan kanker secara efektif. Hal inilah yang membuat banyak orang berburu untuk memperoleh ekstrak daun sirsak.

Kajian dan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui manfaat daun sirsak, seperti ditulis Wikipedia, sebenarnya telah berlangsung sejak lama. Namun baru pada tahun 1965 beberapa hasil riset itu terbuka kepada public. Setelah itu tak kurang dari 20 tes laboratorium terhadap khasiat daun sirsak telah dilaksanakan sejak tahun 1970 yang makin mengukuhkan kehebatan daun tanaman ini.

Manfaat Daun Sirsak

National Cancer Institute dalam penelitiannya yang dilakukan pada tahun 1977 juga memperoleh kesimpulan yang tak berbeda menyangkut kemampuan daun sisrsak dalam melawan dan melumat sel-sel kanker yang menggerogoti tubuh.

Kemampuan daun sirsak dalam mengobati kanker ternyata juga berlaku untuk hamper semua jenis kanker. Dari kanker prostat, kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker payudara, kanker usus besar, dan sebagainya. Daun sirsak juga efektif dalam menghancurkan tak kurang dari 12 jenis sel kanker dan tumor ganas.

Khasiat dan Manfaat Daun Sirsak Lainnya

Kehebatan manfaat daun sirsak tentunya tak lepas dari kandungan nutrisinya yang memang sangat dibutuhkan tubuh. Kandungan yang terdapat dalam daun sirsak antara lain linoleic acid, annonacin, acetogenins, annocatacin, annomuricin, anonol, caclourine, muricapentocin, gigantetronin, gentisic acid, annohexocin, annocatalin, serta anomurine.

Pohon sirsak sendiri (Annona muricata L) diketahui berasal dari Karibia, Amerika Selatan, dan kawasan Amerika Tengah. Selain daun, buah sirsak juga banyak manfaatnya sebagai buah yang enak dimakan segar maupun dijadikan sebagai makanan kaleng atau olahan dalam es buah.

Daging buahnya yang berwarna putih juga banyak mengandung nutrisi penting untuk kesehatan. Nutrisi dalam buah sirsak antara lain fruktosa (jenis karbohidrat) yang cukup banyak, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, dan serat buah.

Namun dibandingkan buahnya, daun sirsak lebih memiliki khasiat sebagai herbal yang berkhasiat obat. Selain kanker, daun sirsak juga mampu menghalangi perkembangan virus dan bakteri jahat yang menyerang tubuh. Ekstrak daun sirsak juga efektif dalam menormalkan tekanan darah tinggi (hipertensi), menguatkan jantung, mengontrol kadar gula darah, mengatasi mutasi gen, menguatkan saraf, mengatasi peradangan, meredakan nyeri, menurunkan demam, dan menyembuhkan kejang-kejang.

Daun sirsak juga berguna untuk meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh, meningkatkan system kekebalan tubuh, mengobati bisulan, menyembuhkan infeksi, melebarkan pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah, serta menguatkan pencernaan dan menambah nafsu makan.

Menyangkut kegunaan atau manfaat daun sirsak untuk kecantikan antara lain untuk meningkatkan releksasi otot dan mengurangi stress, menghambat proses pengeriputan kulit dan menjadikannya awet muda, meningkatkan produksi ASI ibu hamil, melindungi tubuh dari radikal bebas, dan menambah energi tubuh.